Sejarah Sampah
Jum'at,
18 Oktober 2024
~ Oleh Administrator ~ Dilihat 63 Kali
Dua orang Peserta Didik (PD) berdiri di dekat guru mereka di depan kelas. Guru mereka mengkonfirmasi beberapa hal pada tulisan dari satu di antara mereka. Tulisan itu dituliskan di selembar kertas. Tintanya berwarna hitam. Huruf-hurufnya terlihat jelas. Mudah dibaca. Gayanya deskriptif. Menjelaskan tentang suatu topik. Suatu konsep diuraikan dan diberikan suatu contoh.
PD itu sedang mengungkapkan pendapatnya tentang jenis-jenis sampah: sampah rumah tangga, sampah industri, sampah medis, dan seterusnya. Dia tampak memberikan keterangan tambahan terhadap tulisannya sendiri. Kertas yang memuat tulisannya dipegang gurunya. Sambil menunjuk bagian tertentu di kertas itu, dia berusaha meyakinkan gurunya tentang pendapatnya.
Guru itu terlihat memperhatikan tulisan dan mendengarkan keterangan tambahan dari PD itu. Suasananya santai tetapi serius. Sesekali guru itu menanyakan sesuatu. Jawaban diberikan PD itu tanpa ragu. PD yang lain duduk menunggu giliran di kursi masing-masing. Sebagian dari mereka sudah selesai menunjukkan tulisan kepada guru mereka.
Pembelajaran saat itu dipimpin oleh seorang guru Sejarah. Masa lalu biasanya dikaitkan dengan sejarah. Tetapi dia sedang membersamai PD dalam pembelajaran kokurikuler Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5). Temanya tentang masalah masa kini. Tidak jauh dari kehidupan sehari-hari. Semua PD merasakan dan melihat keberadaan sampah.
Tidak seperti pembelajaran seperti biasa tentang masa lalu, guru Sejarah itu berupaya mengajak PD agar mereka menyadari keberadaan dan dampak sampah saat ini. Sampah tidak bisa dipisahkan dalam kehidupan sehari-hari. Mereka perlu menyadari pentingnya pengelolaan dan pengurangan sampah agar sampah tidak membuat hidup mereka susah.(aa)