Beda Kelas
Senin,
21 Oktober 2024
~ Oleh Administrator ~ Dilihat 108 Kali
Dua rombongan belajar melaksanakan pembelajaran dalam waktu yang sama. Tempat keduanya berbeda. Guru mereka juga tidak sama. Suhu ruang mereka seperti negara tropis dan negara empat musim. Daya dukung media keduanya antara tradisional dan modern.
Rombongan belajar yang pertama dipimpin oleh seorang Guru Bahasa Indonesia. Pembelajaran Kokurikuler Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) sedang dikelolanya. Bersama Peserta Didik (PD), dia meminta mereka menunjukkan sejumlah identitas budaya di Indonesia. Cakupannya setiap provinsi. Masing-masing PD berpartisipasi menuliskannya di papan tulis.
Papan tulis di kelas itu berwarna putih. Ada dua papan tulis. Masing-masing dibingkai kayu. Keduanya ditempelkan di dinding depan kelas. Alat tulisnya spidol tidak permanen. Tintanya berwarna hitam. Tulisan bisa dihapus. Penghapus tulisan yang salah satu sisinya terbuat dari kain, tersedia di kelas itu.
Susunan meja kursi PD di kelas itu konvensional. Semua PD menghadap ke depan. Tempat duduk guru di depan menghadap PD ke arah belakang. Jendela di sisi kiri dan kanan kelas cukup luas. Sinar matahari masuk ke kelas secara bebas. Tidak ada tirai jendela menghias. Suhu panas udara ditiup kipas. Sedikit melegakan nafas. Walaupun demikian, udara masih terasa panas.
Rombongan belajar yang kedua, dipimpin oleh seorang guru Kimia, tidak berada di ruang kelas biasa. Ruangannya bertabur dukungan media. Dua mesin pendingin udara tersedia. Papan tulisnya bisa dimanfaatkan untuk berbagai media. PD dan guru bisa menjadi pemirsa. Mereka juga difasilitasi untuk menampilkan karya. Mereka bisa berinteraksi di layar kaca. Sepertinya pembelajaran mereka sempurna.
Apakah satu di antara mereka lebih unggul dalam pembelajaran dari pada yang lainnya? Yang bisa menjawab adalah PD yang sedang menuntut ilmu. Apakah mereka mendapatkan ilmu yang bermanfaat dan bahagia?(aa)