Mau Terus
Senin,
25 Nopember 2024
~ Oleh Administrator ~ Dilihat 154 Kali
Umumnya perlu perjuangan ekstra untuk mengelola kelas di siang itu. Pukul 14.13 siang bukanlah waktu ideal untuk suatu proses pembelajaran. Meskipun demikian proses pembelajaran harus berlangsung.
Jadwal pembelajaran telah ditetapkan. Apapun suasananya, seorang guru harus memimpin pembelajaran suatu rombongan belajar. Saat itu, tempatnya di suatu kelas yang ukurannya tidak biasa. Ukurannya lebih luas dibandingkan dengan kelas biasa. Kelas itu awalnya Laboratorium Fisika.
Proses pembelajaran saat itu dipimpin oleh seorang guru Ekonomi. Didukung dengan ruang yang lebih luas, guru itu membersamai Peserta Didik (PD) dengan sepenuh hati. Tidak hanya itu, kelas itu memiliki “seribu jendela”. Dinding sebelah kiri PD penuh dengan jendela. Cara pemasangan daun jendela juga berbeda. Daun-daun jendela itu bisa dibuka penuh ke kiri atau ke kanan. Udara bisa keluar dan masuk dengan leluasa.
Di kelas itu ada dua papan tulis. Satu papan tulis dimanfaatkan sebagai layar Liquid Crystal Display (LCD) Projector. Papan tulis yang lainnya digunakan untuk menulis. Kedua media itu dimaksimalkan secara bersamaan. PD dan guru terbantu dengan media itu. pembelajaran terlihat seru.
Guru itu terlihat memiliki stamina prima. Dia berdiri dan berjalan menuju PD yang perlu tambahan informasi. Dia memberikan informasi tambahan kepada sejumlah PD yang dia datangi. Senyumnya terkadang menghiasi wajahnya ketika ada PD yang mengangguk-anggukkan kepala. Itu tanda PD memahami suatu konsep. Hampir semua PD tampak terlayani.
Ada satu orang PD terlihat antusias dalam pembelajaran. Dengan sukarela, dia menuliskan jawaban suatu soal di papan tulis. Jawabannya dinyatakan benar. Tepuk tangan diberikan oleh teman-temannya.
Guru itu menawarkan soal berikutnya untuk dikerjakan. PD yang antusias itu mengangkat tangan. Dia ingin mengerjakannya lagi. Dia mau terus mengerjakannya. Tetapi guru itu meminta PD yang lain untuk mengerjakannya. Tujuannya agar semua PD menjadi antusias dalam pembelajaran.(aa)