SMA Negeri 8 Balikpapan

Jl. AMD Gunung Empat RT. 14

Unggul, Asri, dan Kreatif

Kelas Berdiferensiasi

Rabu, 22 Januari 2025 ~ Oleh Administrator ~ Dilihat 374 Kali

Suasana kelas pagi itu dinamis. Waktu menunjukkan pukul 08.46. Sekitar seperempat jam lagi jam pelajaran kedua akan berakhir. Peserta Didik (PD) bersiap berganti jam pelajaran ketiga. Mereka memiliki masa transisi. Guru yang terjadwal di kelas itu izin karena suatu keperluan. 

Meskipun demikian guru itu memberikan tugas kepada PD untuk dikerjakan. Mereka terlihat mandiri. Tahu apa yang harus dikerjakan. Menjelang waktu berakhir, sebagian masih asyik mengerjakan tugas. Sebagian yang lain mengerjakan kegiatan sesuai keperluan.

Mereka yang mengerjakan tugas tampak menulis sesuatu. Ada juga yang berdiskusi dengan seorang  teman atau beberapa teman lainnya. Seorang PD mendatangi teman lain. Mereka terlihat berdiskusi atau konfirmasi tentang suatu hal.

Mereka mengerjakan tugas seperti mengerjakan kebutuhan sendiri. Tidak tampak menjadi beban. Gaya mereka mengerjakannya juga berbeda-beda. Sebagian mereka duduk biasa. Menghadap ke depan kelas, mereka duduk berpasangan. Sebagian yang lain duduk saling berhadapan. Mereka duduk ke arah depan dan belakang. Dengan posisi itu, mereka bisa saling bertukar pikiran.

Mereka yang sudah selesai mengerjakan tugas utama tampak semakin berbeda-beda. Mereka terlihat santai. Mereka melakukan kegiatan bervariasi. 

Ada seorang PD sedang mewarnai suatu kerajinan tangan dengan cat. Dia mengerjakannya dengan bahagia. Dia terlihat menikmati kegiatannya. Ide-ide kreatif seperti muncul begitu saja.

Seorang PD yang lain sedang menikmati makanannya. Dia makan dengan lahap bekal yang dibawa dari rumah. Tempat makannya terlihat berbeda. Berbentuk bulat agak tinggi. Bahannya seperti terbuat dari logam atau besi. Di depannya ada tempat minum air putih yang desainnya juga menarik. Dia menerapkan hidup sehat, hemat, dan peduli lingkungan. Tanpa menghasilkan sampah.

Dua orang PD yang lain tidak kalah seru. Mereka sedang mempraktikkan alat peraga terbuat dari gabus buatan sendiri. Mereka membayangkan proses pencernaan makanan dalam tubuh manusia. Sebuah benda bulat dan lonjong tampak bisa bergerak sendiri. Benda itu digerakkan dengan magnet yang ditempelkan dibalik gabus. Mereka melihat gambaran sederhana perjalanan makanan dalam proses pencernaan.

Suasana kelas itu begitu dinamis. Tanpa “diawasi” seorang guru, PD melakukan pembelajaran mandiri yang berdiferensiasi. Mereka memanfaatkan waktu untuk dinikmati sesuai keperluan mereka sendiri.(aa)

  1. TULISAN TERKAIT
...

Drs. Ali Arham, M.Pd

Assalamualaikum Warahmatullah Wabarakatuh Alhamdulillahi robbil alamin kami panjatkan kehadlirat Allah SWT, bahwasannya dengan rahmat dan karunia-Nya lah akhirnya Website sekolah…

Selengkapnya

KATEGORI