SMA Negeri 8 Balikpapan

Jl. AMD Gunung Empat RT. 14

Unggul, Asri, dan Kreatif

Kelas Alam

Selasa, 15 Oktober 2024 ~ Oleh Administrator ~ Dilihat 78 Kali

Peserta Didik (PD) di suatu kelas sedang belajar Kokurikuler berupa Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5). Mereka sedang memperkuat Dimensi Beriman dan Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan Berakhlak Mulia. Elemennya Berakhlak Kepada Alam. Sub Elemennya adalah Menjaga Lingkungan Alam Sekitar. Tema dan topiknya masing-masing Gaya Hidup Berkelanjutan dan Pengelolaan Sampah Kelas.

Pembelajaran saat itu dipimpin oleh seorang guru Matematika. Dia seorang profesional di bidang numerasi. Bidangnya tidak jauh dari dunia hitung menghitung dengan angka. Kali ini dia mengelola pembelajaran yang tidak terkait langsung dengan Matematika. Bagaimana dia membersamai Peserta Didik dalam pembelajaran di luar bidangnya?

Guru itu membagi Peserta Didik dalam kelompok. Setiap kelompok diberikan tugas untuk mendiskusikan tentang pengelolaan sampah. Kemudian, setiap kelompok mempresentasikan hasil diskusi di depan kelas. Ada kelompok yang menggunakan slide Power Point dalam paparan mereka. Sebuah LCD Projector dan  laptop tersedia di kelas. Setelah presentasi, mereka diminta menjawab pertanyaan dari Peserta Didik yang lain.

Satu di antara beberapa pertanyaan cukup tajam. Kelompok penyaji materi tampak berdiskusi bersama teman-teman. Mereka tampak serius mencarikan jawabannya. Perlu waktu untuk mencari referensi jawaban. Telepon genggam menjadi andalan untuk menemukan bahan bacaan. Akhirnya jawaban ditemukan. Seorang wakil dari kelompok menyampaikan jawaban dengan berdiri menghadap teman-temannya. Sang penanya mendengarkan dengan seksama. Tidak ada bantahan. Dia puas dengan jawaban itu.

Itulah suatu gambaran proses pembelajaran P5 yang dipandu seorang guru mata pelajaran. Latar belakang pendidikan guru itu tidak terkait langsung dengan P5. Meskipun demikian, dia mampu memandu PD dalam kegiatan P5. 

Elemennya kontekstual: Berakhlak Kepada Alam. Kelasnya juga kontekstual. Letaknya menyatu dengan alam. Jendela kelas itu memberikan akses untuk melihat dan menikmati alam. Memandang dari jendela kelas itu, PD dan guru bisa menikmati hamparan hutan mangrove yang sebagian daun-daunnya memayungi atap kelas itu.(aa)

 

  1. TULISAN TERKAIT
...

Drs. Ali Arham, M.Pd

Assalamualaikum Warahmatullah Wabarakatuh Alhamdulillahi robbil alamin kami panjatkan kehadlirat Allah SWT, bahwasannya dengan rahmat dan karunia-Nya lah akhirnya Website sekolah…

Selengkapnya

KATEGORI