Semua Juara
Senin,
30 September 2024
~ Oleh Administrator ~ Dilihat 60 Kali
Seorang guru datang sebelum doa dimulai. Dia terjadwal pada jam pertama dan kedua di sebuah kelas XI.
Setelah doa yang dipimpin oleh seorang Peserta Didik (PD) melalui pengerah suara kelas, guru itu meminta PD yang piket untuk membersihkan teras kelas yang masih kotor. Sampah bertumpuk memenuhi tempat sampah. Sampah yang berserakan di sekitar lantai seharusnya mengganggu kenyamanan PD.
Tetapi PD tidak merasa keadaan itu mengganggu.
Seharusnya pembelajaran di Minggu ke-9 adalah Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5). Tetapi karena pelajaran Geografi banyak tertinggal, pembelajaran P5 ditiadakan atau ditunda. Begitu kata Pak Alfian, pemimpin pembelajaran pagi itu.
Guru tersebut mengecek kehadiran PD, mereview materi pertemuan sebelumnya. PD bisa menyampaikan umpan balik dengan baik secara acak.
Sebelum memulai pembelajaran, guru itu meminta peserta didik untuk berdiskusi secara berkelompok dengan menggunakan Quizzes. PD duduk berdasarkan kelompok. Mereka mengerjakan Pretes atau Tes Formatif. Guru ingin mengetahui sejauh mana pemahaman PD tentang materi yang akan dipelajari.
Setiap kelompok dipantau oleh guru itu saat mereka berdiskusi. Nama kelompok ditentukan oleh PD sendiri: Tea Rexes, Grumpy Monkey, Royal Rats, Tiny Whales. Setiap kelompok berkompetisi dalam meraih peringkat secara real time.
PD tampak aktif berdiskusi untuk mendapatkan peringkat pertama. Mereka tidak menginginkan berada pada peringkat terakhir.
Pada detik-detik terakhir, PD tampak berharap-harap cemas tentang peringkat mereka. Kelompok yang berada pada peringkat teratas berharap mereka tidak disaingi kelompok lain.
Waktu sudah habis. Seperti kesepakatan sebelumnya, peringkat terbawah diminta menghibur teman-teman mereka. Kelompok Tea Rexes menyanyikan lagu untuk membahagiakan teman-teman mereka. Kelompok itu menyanyikan lagu Balonku Ada Lima.
Mereka tidak berada pada peringkat pertama, tetapi mereka juara dalam menghibur teman-teman mereka. Semua bisa menjadi juara. (aa)