Satu Tindakan
Jum'at,
04 Oktober 2024
~ Oleh Administrator ~ Dilihat 207 Kali
Semua Peserta Didik (PD) bisa mengungkapkan tema ini. Temanya sederhana. Tidak jauh dari kehidupan sehari-hari. Pengungkapannya melalui tulisan di kertas. Kemudian Setiap PD menyampaikannya secara lisan di depan kelas.
Pemimpin pembelajaran pagi itu Pak Guntur Budianto, Guru Bahasa Inggris. Dia membersamai para PD di salah satu Kelas X dalam pembelajaran Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5). Elemen karakter yang dikembangkan Akhlak Kepada Alam. Sub Elemennya: Menjaga Lingkungan Alam Sekitar. Sampah adalah isu yang dipilih.
Para PD diminta guru mereka menceritakan tentang sampah yang ada di rumah dan sekolah. Masing-masing PD dengan bebas menceritakannya. Ceritanya terdengar segar. Cerita dari sudut pandang mereka sendiri. Dari keadaan yang mereka rasakan dan lihat sendiri.
Seorang peserta didik berkacamata tampil pertama. Penampilannya meyakinkan dan ceria. Dia terlihat seperti anggota Dewan Perwakilan Rakyat yang sedang berbicara. Teman-temannya terpukau mendengarkannya. Dia menceritakan keadaan sampah di rumahnya. Sampah di rumahnya ada sampah rumah tangga dan medis. Ayahnya seorang paramedis.
Salah seorang temannya tertarik dengan sampah medis itu. “Apakah sampah medis itu tidak membahayakan orang lain yang mengambilnya?” tanya temannya itu. Dengan rendah hati sang penyaji materi akan mengusulkan kepada ayahnya agar sampah medis dipisahkan. Itu perlu dilakukan agar sampah medis itu tidak membahayakan.
Kemudian dia melanjutkan penyampaiannya tentang sampah di sekolah. Dia mengkritisi keadaan sampah di Tempat Penampungan Sampah Sementara di sekolah. Tempatnya di dekat tempat parkir halaman depan sekolah. Dia merasa heran mengapa sampah-sampah itu tidak dipilah. Dia mengusulkan kepada sekolah agar ada gerakan pemilahan sampah.
Dia yakin pemilahan sampah merupakan satu tindakan yang berdampak penting. Dia mengatakan dengan lantang, “Satu Tindakan bisa merubah semuanya.” Seruannya itu disambut tepuk tangan meriah dari teman-temannya.(aa)